Jumat, Februari 29, 2008

Informasi Klinik Hewan, Dokter Hewan, Toko dan Salon Hewan...

Informasi Rumah Sakit, Klinik dan Dokter Hewan (Jakarta Selatan, Barat, Utara)

Rumah Sakit Hewan Jakarta: JL. Harsono RM No.28, Kompleks Ragunan. Telp: 021-7891091-95. Fasilitas: Emergency Room 24 Hours, Rawat Inap, Rawat Jalan, Ruang Operasi, USG, dll.

Praktek Dokter Hewan Bersama Drh. Cucu Kartini, dkk (Sunter 24 Jam): Jl. Sunter Permai Raya Ruko Nirwana, Sunter Asri Tahap III Blok J-I No.2 Jakarta Utara Telp: 021-6515261-62.Fasilitas: Rawat Inap, Rawat Jalan, Dokter Jaga 24 Jam, Klinik khusus bersalin dan penitipan hewan sehat, salon hewan, ruang operasi, laboratorium, apotik, dll. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya pernah bawa anjing saya yang sedang sakit dan darurat ke klinik ini jam 2 pagi, dan langsung ditangani dokter yang bertugas di sana. Untuk hewan yang memerlukan operasi cukup berat atau penanganan yang ekstra, biasanya pemilik hewan memilih Drh. Cucu sendiri yang menangani hewan peliharaannya tersebut. Kalau jadwal belum berubah, di Sunter Drh. Cucu praktek pada hari Senin sore, dan Rabu pagi yang dikhususkan untuk jadwal operasi yang masih bisa dijadwalkan.Praktek Dokter Hewan Bersama Drh. Cucu Kartini, dkk (Green Garden, TIDAK 24 Jam). Jam Praktek : Senin-Sabtu 09.00-20.00. Minggu 16.00-20.00. Jl. Panjang Ruko Green Garden Blok I No. 9 Jakarta Barat (Ruko tepat di belakang Mc. Donald's Jl. Panjang) Telp: 021-58302918-19. Fasilitas: Rawat Inap, Rawat Jalan, ruang operasi, apotik, penitipan hewan sehat. Informasi tambahan mohon lihat informasi pada poin sebelumnya. Sedangkan jadwal praktek Drh. Cucu di Green Garden, pada hari Selasa jam 09.00-15.00. Pemilik dimohon langsung datang ke klinik untuk mendaftar. Tidak ada perjanjian lewat telepon. Biasanya saat Drh. Cucu praktek, antriannya sangat panjang, jadi saya sarankan untuk datang pagi, apalagi di Green Garden jadwal operasi yang di pegang Drh. Cucu juga dilakukan pada hari yang sama, di jam praktek beliau. Jadi kalau beliau ada jadwal operasi otomatis akan menunggu lebih lama. Antrian dibatasi hanya sampai 15-20 pasien. Jika kuota habis, maka akan ditangani oleh Drh. Suswanto. Informasi ini berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Drh. Rini S. Dharsana: Jl. Tanjung Duren Barat II/60. Tomang Barat Jakarta Barat. Telp: 021-5684683. (Baik untuk vaksinasi hewan yang bisa dipastikan dalam kondisi sehat, karena harganya terbilang cukup murah. Sedangkan untuk hewan sakit, dianjurkan untuk diperiksakan ke klinik hewan yang fasilitasnya lebih lengkap.)

Drh. Gustaf: Saya tidak tahu alamat persisnya, namun rumah tinggal beliau di daerah Larangan Ciledug Tangerang. Beliau bisa dipanggil ke rumah, jika pemilik tidak bisa membawa hewan peliharaannya ke klinik atau dokter hewan terdekat. Telepon Drh. Gustaf yang saya punya, adalah nomor telepon seluler beliau, tidak etis rasanya kalau mencantumkan nomor beliau di blog saya ini. Namun jika memerlukannya bisa kirim surat elektronik ke alamat saya, nanti akan langsung saya balas, lewat jalur pribadi.

Drh. Iwan: Sama halnya dengan Drh. Gustaf, dan tempat tinggal beliau di Komp. Palem Ganda Asri, Karang Tengah Ciledug Tangerang. Bisa dipanggil, jika ada yang memerlukan nomor telepon beliau, bisa kirim surat elektronik ke alamat saya.

Pondok Pengayom Satwa: Jl. Harsono No: 1. Namun letaknya ada di daerah Komp. Kebun Binatang Ragunan. Dekat Rumah Sakit Hewan Jakarta. Telepon: 021-7805280. Fasilitasnya: rawat inap, rawat jalan, penitipan hewan sehat, adopsi binatang (Terus terang saya lupa ada biayanya atau tidak, namun jika ada, sepertinya biaya yang dikenakan tidak semahal kalau kita beli anjing atau kucing di toko hewan. Pihak pondokan akan memeriksa dahulu calon pemiliknya. Dulu waktu saya bertanya langsung ke mereka, salah satu prosedur adopsi, mereka akan mengunjungi rumah keluarga yang akan mengadopsi (dan diutamakan mereka yang sudah pernah memelihara binatang), kompleks pemakaman hewan kesayangan(dari binatang yang besar termasuk kuda, sampai binatang kecil, pondokan hewan (untuk hewan liar, yang tidak tega untuk ditelantarkan, tetapi kita tak sanggup memeliharanya. Sebaiknya telepon terlebih dahulu, biasanya binatang yang ingin diberikan ke pondokan ini, harus masuk ke daftar tunggu terlebih dahulu). Dengan senang hati menerima sukarelawan yang ingin ikut merawat hewan-hewan di sini. Begitu pula dengan sumbangan uang maupun makanan hewan, karena sebagian besar, biaya operasional ditanggung oleh pendiri pondokan ini (informasi saya dapatkan pada tahun 2005, saat saya berkunjung ke sana. Jika ada informasi baru, bisa tolong dibagikan juga di sini). Informasi lainnya juga bisa didapatkan dengan mencari di search engine, dengan kata kunci: pondok pengayom satwa Jakarta.

Informasi Toko Perlengkapan dan Salon Hewan (Jakarta Selatan, Jakarta Barat)

Pets Mart Pet Shop dan Grooming Salon: Jl. Kemang I No. 9. Kemang Jakarta Selatan. Telp: 021-71791363. Menyediakan pakan hewan lengkap, kandang, perlengkapan, menjual hewan peliharaan, jasa salon hewan. Menerima pembayaran dengan kartu kredit. Bisa pesan melalui telepon dan diantar.

Gracia Pet Shop: ITC Kuningan Lt. 4. Telp: 021-57934796

Kebon Jeruk Pet Shop: Jl. Lapangan Bola No. 34 G Kebon Jeruk Jakarta Barat. Telp: 021-5327648 (dekat pertigaan relasi Jl. Panjang). Menerima pembayaran dengan kartu kredit dan debit. Menyediakan pakan hewan (beberapa merk di antaranya Pro Plan, Science Diet, Eukanuba, Royal Canin, Alpo), kandang hewan, perlengkapan dan asesoris, shampo, vitamin, obat kutu, dan jasa salon hewan. Juga menjual hewan peliharaan (umumnya anjing jenis kecil). Pesanan bisa diantar, ada batas daerah pengiriman, jika terbilang cukup jauh, akan dikenakan ongkos antar. Berdasarkan pengalaman harga pakan hewan di sini sangat kompetitif dibandingkan tempat lain, dari dua tempat lain yang telah saya bandingkan, perbedaan harganya sekitar 20-25 ribu. Apalagi jika di rumah, koran bekas sudah menumpuk, toko hewan ini menerima koran bekas, dan akan dibeli dengan harga Rp.1.000/kg. Menurut saya lumayan untuk mengurangi harga pakan hewan yang kita beli. Kalaupun hanya ingin menjual koran bekas ke mereka juga diperbolehkan.

Sejauh ini, informasi mengenai klinik dan toko hewan yang saya dapatkan baru yang tertera di atas, jika ada informasi baru nanti akan saya informasikan kembali. Ini semua memang seperti iklan, namun bagi saya, pencinta binatang, informasi ini saya rasa akan ada manfaatnya bagi mereka yang mempunyai binatang peliharaan di rumah.Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Praktek Drh. Cucu Kartini, dkk merupakan dokter hewan terbaik dan paling profesional sepanjang pengalaman saya. Kucing saya pernah menjadi pasien Dr. Nyoman. Pemeriksaan dan penanganan dokter dan mantri-mantrinya cukup teliti. bagi yang belum menemukan dokter hewan yang cocok saya sarankan datang ke praktek Drh. Cucu Kartini, dkk.