Senin, Januari 21, 2008

Dentingnya...

Piano? Kalo mungkin aku ditanya kira-kira mau warisan apa dari benda yang ada di rumah aku saat ini, jawaban aku adalah piano. Bener-bener aku ngga bisa idup ama benda yang satu ini.

Jernih dentingnya sering banget aku denger semenjak aku les nyanyi di BV, dari aku 6 tahun. Dari saat latihan pernafasan, latihan tangga nada, latihan ritmik, latihan pendengaran, sampai dia ngiringin aku nyanyi. Apalagi, pianis di BV itu jago-jago. Waktu itu di rumahku belum ada piano. Jadi gue juga belom sering mainin benda ini.

Kelas 5 SD, papa jual mobil. Bingung uangnya mau dikemanain, mama sedikit memaksa papa untuk beli piano. Di tambah waktu itu papa nanya ke aku siy, kamu mau belajar piano atau nerusin belajar organ? Langsung aku jawab piano, plus seneng banget aku mau di suruh les piano. Ahh..papa mama kelabakan dech ngeluarin duit untuk aku les, waktu aku SD, di tambah aku susah banget kalo di suruh keluar dari les. Bahkan kadang aku tidak sekolah, tapi masuk les, hehehhee.

Akhirnya Piano Petrof itu ada di rumah. Aku les piano juga akhirnya. Gurunya temen papa mama semasa kecil. Namanya Tante Ani. Sebenernya, aku sedikit menyesalkan, untuk seorang guru piano, tante Ani ini kurang galak, jadi teknis yang aku dapat seolah-olah seadanya banget. Gimana tidak seadanya 1 tahun kok ya nyelesein 4 grade, dulu urutan grade kurikulum Yamaha dimulai dari grade terkecil yaitu 12, dan grade tertinggi 5. Setelah aku lulus grade 9 di YMI Jl Bumi, ngga ada gurunya. Aku diminta pindah ke Yamaha Gatot Soebroto. Jauuuhhh, akhirnya ada guru yang bisa ngajar grade 8 di cabang Yamaha deket rumah. Guruku namanya Bu Tika. Sumpah galak abbbiiissshh. Bayangin, kalo elo pernah liat part piano klasik, itu jarang banget yang pendek khan. Nah itu satu minggu aku dikasih PR cuma 4 bar, paling banyak 2 baris. Progressnya lama, tapi teknisnya mantep banget. Nah menyebalkannya, Bu Tika ini harus ikut suaminya pindah kota, aku berhenti lagi, kali ini selamanya.

Selanjutnya aku belajar-belajar sendiri. Berbekal pengetahuan yang aku dapatkan dari Bina Vokalia, dari Institut Musik Daya Indonesia, dan les piano aku itu.

Hal itu masih aku lakukan sampe sekarang. Karena kemampuan aku lebih bagus di teknis vokal, dari pada piano. Piano ini aku mainin sebisaku, supaya aku tetep bisa latihan vokal sendiri. Maklum deh gara-gara keseringan jadi anak Paduan Suara, karakter suara aku kurang kuat untuk nyanyi solis. Berkat mentor sejati aku yang juga jago nyanyi, aku dah mulai bisa ngubah karakter suara aku ini lebih mempunyai power. Kalo nyanyi di PS suara kita ngga boleh menonjol. Harus inget temen, sedangkan kalo solis, kalo pake teknis seperti ini, yaaaa…suaranya ngga akan keluar kaleee…. Biar kalo diminta nyanyi solis ngga jadi ragu lagi… (tapi tergantung tingkat PD juga siy, heheehe)

Aku sering ngga peduli ama waktu buat nyanyi sambil main piano, di rumah. Mau kata jam 2 pagi, kalo aku mau main, ya aku mainin, ngga peduli tetangga. Pulang kantor, kuliah, dan belom ganti baju, juga ngga peduli.

Merk piano aku ini, termasuk merk yang berkualitas, dan buatan Eropa, bukan Jepang. Saat ini sudah ditawar 4 kali dari harga waktu beli, tapiiiii…aku bilang ama bokap, jangan pernah kepikir jual itu benda yaaa…

Dentingnya, hmmm…..bisa mbuat aku ngayal ke mana-mana dah.

Dua benda yang bisa membuat aku duduk betah selama berjam-jam…yaitu piano dan komputer.

2 komentar:

Eldisa Ayu Lestari mengatakan...

wew, samaan, saya masih satu smp, tapi udah bener bener betah bgt klo duduk di piano, maen pop, classic , yuuuu, oiya, sy udah maen piano trus di lesin di nuansa musik kalimalang, sekarang udah grade 6, pengen lanjut biar bisa ngajar di yamaha, xoxo

Anindya Widita mengatakan...

Kamu introvert ya? Sama nih, aq juga...
Aku juga suka musik. Kamu beruntung sekali ya... ada orangtua disampingmu yg mendukungmu di jalur musik.. Aq juga ingin bisa mendalami musik sampai tingkatan yg tinggi.. tapi sayangnya orangtuaku melarang. Kemarin aja, waktu aq bilang ingin seolah musik di SMM, mereka tidak menyetujuinya. Karena mnrt mereka, hidup mengandalkan musik agak meragukan. he2, yah jadilah aq bersekolah disekolah formal..seperti anak2 kebanyakan..

Aq tertarik sekali baca blog kamu, sharingan kamu... Belum pernah aku menemukan ada orang introvert yg dengan bangga mengumumkan bahwa dirinya introvert.. Baru kamu itu, satu2nya.

Kamu pernah les vokal ya ? Aq ingin sekali les vokal. Cuma, orangtua ga mendukung. Biarlah, apa kata mereka.. Sekarang ini aq sedang mencari tempat untuk les vokal..dengan spp yang ga terlalu mahal.. (karena aq biaya sendiri..) Kalo kamu ada informasi, bagikan ke aq ya.. Alamat email, friendster, & facebook aq di nindia_vhicks@yahoo.co.id