Jumat, Maret 07, 2008

Nama Obat-Obat Untuk Anjing...

Ini nama obat-obatan yang saya sediakan di rumah. Ada baiknya untuk selalu menyediakannya di rumah, terutama untuk pertolongan pertama.

Tricin: obat mata. Segera berikan obat ini kepada anjing, jika mereka memperlihatkan gejala memicingkan mata. Itu tanda utama, anjing mengalami gangguan pada mata. Segera periksa keadaan mata pada anjing. Apakah ada luka atau tidak. Bintik kuning pada mata anjing sulit dilihat tanpa alat yang ada di dokter hewan. Bawa anjing ke dokter paling lambat dalam waktu 24 jam, apalagi terlihat tidak ada perubahan sama sekali setelah pemberian obat. Obat ini dapat dibeli di dokter hewan. Obat ini sebanyak-banyaknya dapat diteteskan pada mata anjing satu tetes tiap mata, satu jam satu kali (baca petunjuk pemakaian pada kotak). Namun ada baiknya jika sesuai dengan anjuran dokter hewan. Jika tidak ada tricin, dan jika di rumah ada pohon sirih, rebus beberapa helai daun sirih dengan air bersih. Tunggu air dingin, kemudian teteskan air sirih tersebut pada mata anjing. Beri dua-tiga kali sehari. Namun pemberian tidak boleh lebih dari 3 hari berturut-turut. Berdasarkan pengalaman pribadi, air daun sirih ini sangat manjur. Anjing saya yang tiba-tiba kelopak matanya tidak dapat terbuka, begitu saya teteskan, dalam waktu kurang dari setengah jam langsung dapat terbuka kembali. Pemberian air sirih ini dapat dikombinasi dengan tricin tadi, namun jangan diberikan secara bersamaan. Pemberiannya harus secara bergantian dan diberi jarak waktu.

Tears Naturale: Obat mata, air mata artifisial. Bisa digunakan dalam kondisi apapun. Terutama anjing yang sudah tua, karena produksi air matanya sudah menurun. Selain itu dapat digunakan pada mata anjing mengeluarkan belek. Pemberian satu tetes dalam satu hari akan sangat membantu. Tears naturale ini adalah obat yang biasa digunakan juga pada manusia. Bisa didapatkan di apotek terdekat.

Apex Ear Drops (Ear Mites): Untuk menghilangkan kutu anjing, terutama yang bersarang di telinga. Teteskan 1-2 tetes pada setiap telinga, satu kali sehari. Apalagi jika anjing sering menggaruk-garuk telinga. Bisa didapatkan di dokter hewan. Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluwarsa.

Panolog (Ear and Eye Ointment):Bisa digunakan untuk telinga dan mata. Namun dokter hewan saya biasanya lebih menganjurkan penggunaan ini untuk telinga. Jika untuk mata, lebih dianjurkan penggunaan dengan Tricin. Panolog bisa mengatasi rasa gatal pada telinga, dan penyembuhan infeksi telinga bagian dalam yang sudah cukup parah. Namun pada kasus serius, perlu pemeriksaan pada dokter hewan, terutama untuk cara pemberiannya dan dosisnya. Saya biasanya hanya menggunakan obat ini pada anjing, untuk mengurangi rasa gatal di bagian telinga luar.

Front-Line: Obat kutu anjing. Bisa dibeli satuan maupun satu kotak. Harganya cukup mahal, tergantung berat tubuh anjing. Ada yang untuk 0-10 kg, 10-20 kg, dan di atas 20 kg. Obat ini cukup ampuh membasmi kutu anjing, bahkan sampai yang bersarang di dalam telinga. Teteskan satu tube obat ini sampai habis di bagian tengkuk anjing. Perhatikan jangan teteskan di bagian tubuh yang masih bisa dijangkau oleh mulut anjing. Tak perlu teteskan di beberapa tempat, karena obat itu akan bekerja dengan sendirinya untuk membasmi kutu yang ada di seluruh bagian tubuh anjing. Jangan lupa pemberian obat harus disesuaikan dengan berat tubuh anjing. Jangan memandikan anjing setelah pemberian obat ini, kira-kira dalam waktu satu minggu. Obat ini bisa dibeli di toko hewan.

Drontal: Obat cacing. Pemberiannya harus sesuai dengan petunjuk dosis dokter hewan, karena dosisnya harus disesuaikan dengan berat tubuh anjing, dan jenis cacing yang bersarang di tubuh, juga karena ada cacing yang sulit dihilangkan, dan juga ada yang mudah. Anjing juga seperti halnya manusia, sebaiknya meminum obat cacing, 6 bulan satu kali.

Semua informasi tersebut, merupakan informasi berdasarkan pengalaman pribadi saya. Namun saya anjurkan untuk segera membawa anjing ke dokter hewan, untuk penanganan yang terbaik.

Yang saya sangat anjurkan miliki di rumah adalah Tricin, karena penanganan infeksi, luka ataupun kelainan pada mata, semakin cepat, semakin baik. Segera bawa ke dokter hewan, jika belum ada perubahan dalam waktu 24 jam, karena terlambatnya penanganan, akan dapat mengakibatkan mata anjing harus dioperasi, yang berarti anjing harus kehilangan salah satu matanya, atau bahkan dua-duanya. Jika anjing harus dioperasi kedua matanya, biasanya dokter menganjurkan anjing untuk ditidurkan selamanya. Namun hal itu bisa saja tidak dilakukan. Berdasarkan artikel yang saya temukan di internet, banyak pemilik anjing yang tak menidurkan anjingnya yang telah buta kedua mata, atau memang harus dioperasi keduanya. Anjing-anjing itu masih dapat hidup dengan bahagia, dan tampak seperti anjing normal. Namun hal itu juga tergantung si pemilik, yang mau atau tidak membimbing anjing untuk hidup normal tanpa penglihatan. Untuk kondisi ini jangan memindahkan perabotan di rumah, karena anjing mempunyai photographic memory yang sangat kuat. Jika mereka tak buta dari kecil, mereka telah menyimpan semua 'peta' lokasi tempat tinggalnya di dalam otak mereka. Selain itu, mata bukanlah indera utama untuk anjing. Kekuatan indera pada anjing terletak pada penciumannya, diikuti dengan indera pendengaran, barulah indera penglihatan. Jadi jangan langsung menidurkan anjing selamanya jika ia harus kehilangan kedua matanya, atau mengalami kebutaan pada kedua matanya. Artikel-artikel ini dapat dicari di internet. Salah satunya dengan kata kunci glukoma.

Semoga bermanfaat, dan jangan malas membawa hewan peliharaan untuk periksa ke dokter hewan, walau harga dokter mereka juga jauh lebih mahal dibandingkan dengan dokter manusia sendiri.

"Salam dari Kino, Rambo, O'Neil, Moeng, Molly, Goldie, dan Krikit."

2 komentar:

pelangi mengatakan...

woww...lengkap yah infonya jeung =) sangat berguna

Anonim mengatakan...

Waduh thx a lot for the info nih Sis..really helpful. Winnie