Kamis, Juni 11, 2009

Antara Boney M dan Arie Wibowo...

Merelakan diri ditinggal oleh tebengan setia saya, yang malahan sering mengantar sampai depan rumah ("Thanks ya, Mas!"), karena ia harus menjemput anaknya, akhirnya membuat saya memutuskan untuk pulang sendiri, dengan kendaraan umum.

"Naik apa ya?"

Dan setelah akhirnya memutuskan memakai kendaraan apa untuk pulang, kendaraan yang saya pilih itu membawa saya mengarah ke arah terminal terkenal di bilangan Jakarta Selatan, walaupun arah rumah saya, kebalikan dari arah ke terminal itu.

"Hmmm, buset dah berapa lama nih gue ngga ke sini."

Kendaraan itu akhirnya memasuki pintu masuk terminal. Ya, seperti biasa, keteraturan di tempat umum di Indonesia, seperti terminal, memang hal yang sangat ajaib jika bisa terjadi.

Pintu masuk kendaraan menuju halte yang seharusnya dipakai untuk penumpang menunggu kendaraan, dipenuhi dengan deretan lapak-lapak yang sibuk menjajakan barang dagangannya.

Ada yang menjual minuman, buah, DVD, VCD, sepatu, dan masih banyak lagi barang yang ditawarkan di sana.

"Gila, gila, gila, dah berapa taon nih gue ngga liat beginian."

Itu belum seberapa, tidak hanya mata yang "dicuci", tapi juga telinga yang sedikit di buat pengeng.

Lapak demi lapak saya lalui, hingga sampailah saya pada lapak yang menjual CD, baik DVD, CD lagu ataupun VCD. Bisa dipastikan si penjualnya harus berusaha agar dagangannya laku terjual. Mungkin tebakan kalian benar, si penjual memasang salah satu CD yang dijualnya. Dan lagu yang diputar saat saya sedang melewati lapak itu, mempunyai lirik seperti ini...

Kau bilang cinta padaku
Kalau ku bilang pikir dulu
Selera kita
Terlalu jauh berbeda

Parfum mu dari Paris
Sepatu mu dari Itali
Kau bilang demi gengsi
Semua serba luar negeri

Manakah mungkin mengikuti caramu
Yang penuh hura-hura

Aku suka jaipong kau suka disko
Oh oh oh oh
Aku suka singkong kau suka keju
Oh oh oh oh
Aku dambakan seorang gadis yang sederhana
Aku ini hanya anak singkong
Aku hanya anak singkong *
"Ya, amppyyuunnn...nih lagu masih eksis. Lagu jaman kapan nek!"

Hahahah, weitsss...tentu saya tidak menghapalkan seluruh liriknya ya. Lagunya pun saya lupa, saya hanya ingat lirik di bagian korusnya, dan bisa dipastikan sisanya saya serahkan pada kecanggihan teknologi.

Lagu di atas itu adalah lagu yang berjudul Singkong dan Keju, yang menurut situs di mana saya menemukan liriknya, penyanyi lagu ini adalah Arie Wibowo.

Lagu itu pun lama-lama menghilang, pergi dari tangkapan telinga saya, seiring kendaraan yang saya tumpangi melaju perlahan.

Namun jangan sedih, lagu berikutnya kemudian tersuguh, ditangkap sempurna oleh indera pendengaran saya. Dan lagu yang sekarang saya dengar adalah...

Someone told me long ago
They were gone before the storm
I know, its been coming for sometime
Be it so, and so I say
Little rain and sun by day
I know, shining down like water

I wanna know, have you ever seen the rain
Coming down, down this day
Coming down, down this day

Yes for days and days before
Sun is rain and cold is hot
I know, in this place got all my found
Through the circles fast and slow
There for every moment goes
I know, I cant stop, I wonder

I wanna know, have you ever seen the rain
I wanna know, have you ever seen the rain
Coming down, down this day
I wanna know, have you ever seen the rain
I wanna know, have you ever seen the rain
Coming down, down this day
I wanna know **
Wah, sepertinya si tukang jualan CD yang sekarang, selera musiknya berbeda dengan penjual sebelumnya.

Lagu yang kedua itu judulnya adalah Have You Ever Seen The Rain, yang pernah dinyanyikan oleh Boney M. dan juga Creedence Clearwater Revival. Kembali lapak itu harus saya tinggalkan, dan juga suara lagu itu.

Dan tiba-tiba, secara tiba-tiba, saya jadi teringat satu judul novel laris pada jaman dulu. Salah satu karya dari novelis terkenal (zaman itu, dan mudah-mudahan masih hingga saat ini) Hilman Lupus.

Yupe, kalian benar, judul novel karangan Hilman Lupus, yang tiba-tiba muncul di pikiran saya adalah Makhluk Manis Dalam Bis, dan seperti inilah wajah novel yang saya maksud itu.

gambar diambil dari sini

Yang menjadi pertanyaan saya, kira-kira kalian yang termasuk dalam kategori "anak produk jaman sekarang", tahu atau setidaknya pernah dengar tidak ya, nama-nama yang saya sebutkan di atas? Dan pasti pertanyaan seperti ini juga muncul di benak kalian...

"Hah, Arie Wibowo nyanyi? Sama ngga ya sama Ari Wibowo yang adik kandungnya Ira Wibowo itu?

Heheheheh...terus terang saya juga tidak tahu jawabannya. So anybody knows?

----

"Terus 'Cha, kenapa tiba-tiba Makhluk Manis Dalam Bis yang muncul di otak loe? Siapa Makhluk Manisnya?"

"Yang jelas sih bukan gue yang ngaku manis. Pasti ada lah satu makhluk di luar sana, yang ngaku manis. Kalo gue ngga ngaku manis, tapi cantik."

"Hahahah teteup narsis!!!"

"Ssssttt...kebanyakan disorder jadinya gini. Atau gara-gara punya wireless brain? Wakakakakak."

----
*lirik lagu diambil dari sini

**lirik lagu diambil dari sini

0 komentar: